Kamis, 20 Maret 2014

Sejarah SLB B Karnnamanohara

  1. Tahun 1999: 
Pada tanggal 23 Februari 1999 diputuskan berdirinya lembaga pendidikan bagi penyandang tunarungu usia dini oleh Yayasan Tunarungu Yogyakarta di kediaman Ibu Kartika Affandi, Pakem, Sleman.  Yang dihadiri oleh Kartika Affandi, Atti Sinta Wati Saleh, Roody de LaTour, Helfi Kartika Artistin Dirix, Suroso, Yati Barsot, Palupi, Kim, Nia S. Kim, Darmawan,  Selanjutnya menetapkan merintis Biro Konsultasi Tunarungu di Klinik Janti kamar praktek dr. Darmawan (ukuran 2 x 3 meter) dengan Penanggungjawab Tantan Rustandi dibantu oleh Katmilah Nuryati.
2.      Tahun 1999: 
Oktober 1999 Biro Konsultasi sudah melatih 3 orang Klien Yaitu:  Daswati Arga Sasmita, Bagaskara M.P. Irawan, Nur Huda Setiawan.  Ketiga orang tua Klien tersebut meminta untuk mengubah biro konsultasi menjadi sekolah khusus Tunarungu dengan menggunakan metoda oral (bicara) bukan isyarat.  Dan pada Bulan November 1999 Yayasan Tunarungu Yogyakarta mengabulkan permohonan tersebut, kemudian untuk memfasilitasi perintisan sekolah, Ibu Kartika Affandi meminjamkan satu rumah di dalam Museum Affandi, untuk kegiatan Belajar Mengajar dari bulan November 1999 sampai bulan Agustus 2001.
3.      Tahun 2000: 

Sehubungan dengan bertambah banyak siswa yaitu 16 anak yang masuk  maka sekolah mengangkat guru antara lain:  Marsudiyati PR (Mbak Aning), Ibu Rusningsih, Ibu Tukinah ( Keluar Juli 2004), Ibu Sri Murwani, Dewi (keluar April 2001).Jadi jumlah guru sebanyak  6 guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar